PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Dari A.B. Combs: Catatan Tentang Kepala Sekolah

Posted by teachersnote on May 18, 2010

Untuk mengetahui siapa sosok kepala sekolah A.B. Combs, Murriel Summers, nampaknya kurang lengkap kalau kita hanya mengetahui kisah perjuangannya memperbaiki A.B. Combs yang tertuang dalam buku THE LEADER IN ME. Saya sangat beruntung karena saya mengetahui siapa Miss Summers tidak hanya melalui buku The Leader in Me.

Pada suatu kesempatan, saya berjumpa langsung dengan beliau. Berjabatan tangan. Beliau memeluk erat saya. Saya merasakan kehangatan yang tulus dari wanita yang dikagumi banyak orang ini. Sikap rendah hatinya sangat nampak dari caranya beliau berbicara atau mendengarkan orang berbicara. Komentar-komentar beliau terhadap apa yang saya katakan juga sangat “cerdas dan bijaksana.”

Di hati kecil saya, saya merasakan penyesalan karena hanya berjumpa beliau pada waktu yang tidak tepat. Saat itu beliau sedang sibuk mempersiapkan Leadership Day. Sehingga waktu yang ia miliki untuk berbicara panjang lebar juga sangat sempit.

Tak berapa lama setelah pertemuan itu, beliau sudah sibuk membaur dengan guru-guru lain atau murid-muridnya untuk ikut sibuk mempersiapkan acara Leadership Day keesokan harinya. Tanpa canggung beliau pun ikut mengangkat bangku yang diperlukan. Beliau juga ikut memasang display bersama anak-anak sambil sesekali bercanda dengan beberapa guru ataupun muridnya yang juga ikut sibuk bekerja.

Bagi saya pribadi, situasi ini menunjukkan betapa dekatnya hubungan Mrs. Summers dengan guru dan muridnya. Gambaran ini juga diperkuat dengan cerita beberapa guru di A.B. Combs yang sempat berbincang-bincang dengan saya. Menceritakan Mrs. Summers, guru-guru itu seperti menceritakan idola yang luar biasa. Bahkan ada guru yang sampai menitikan air mata terharu karena mendapat didikan dari Mrs. Summers. Luar Biasa! Beliau seorang yang karismatik, setidaknya bagi para guru di A.B. Combs.

Pantaslah kalau Murriel Summers dijadikan panutan!

One Response to “Dari A.B. Combs: Catatan Tentang Kepala Sekolah”

  1. runi wijayanti said

    Saya ingin sekali berkunjung ke A,\.B. Combs elementary school….dan ingin belajar banyak tentang sekolah ini…Setelah membaca buku The leader In Me,banyak sekali yang saya pelajari dibuku tersebut.

Leave a Reply

 
