PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Kagum melihat sekolah ini: catatan dari A.B. Combs, North Carolina, USA

Posted by teachersnote on May 12, 2010

Kagum melihat sekolah ini.

Kesan pertama saat saya datang mengunjungi A.B. Combs adalah kekaguman yang tidak pernah berhenti muncul dari hati saya. Betapa tidak, sejak kami mulai memasuki pintu masuk sekolah ini, setiap orang yang kami jumpai selalu tersenyum ramah. Mereka menyapa dengan hangat bahkan terkadang ada yang mengulurkan tangannya untuk sekedar bersalaman. Mereka tidak tahu siapa kami. Kami pun tidak tahu siapa mereka. Dalam hati saya, apakah ada sekolah di Indonesia yang dapat memperlakukan tamunya seperti ini?

Lebih dalam kami memasuki sekolah A.B. Combs, kehangatan semakin terasa. Staff administrasi langsung menyapa kami dengan ramah. Tidak hanya itu, anak-anak kecil yang kami jumpai pun lansung menyodorkan tangannya sambil memperkenalkan diri dengan bahasa yang mantab, “Good Morning, Sir.  I’m Patrick. I’m in grade 3. Welcome. to  A.B. Combs Magnet School.” Dari kejahuan pun saya melihat banyak anak yang melambaikan tangannya kepada kami sambil tersenyum. Ah, indahnya sekolah ini.

Selain itu, kami disuguhi pemandangan display karya siswa-siswi yang sangat indah terpampang di sepanjang dinding koridor sekolah, pilar-pilar gedung pun penuh hiasan. Tak ketinggalan, saya dapat melihat beberapa plafon sekolah yang dihiasi oleh lukisan anak. Semuanya berwarna warna warni dan sangat kreatif.

Ketika kami datang ke dalam salah satu kelas, ketakjuban saya semakin menjadi. Betapa tidak, kami disambut seperti saudara sendiri oleh salah satu guru kelas yang kami kunjungi. Tanpa diberi komando pun anak-anak kelas 4 di kelas itu menyalami kami dan menyapa kami. Mereka semua menyambut kami dengan sepontan. Tidak tampak instruksi dari guru untuk meminta mereka menyambut kami. Menurut saya ini yang luar biasa. Murid-murid itu melakukannya dengan senang hati, tanpa paksaan. Tampak natural. Dan sepertinya anak-anak ini  sudah terbiasa menyambut tamunya.

Ternyata kekaguman ini tidak hanya datang dari kami berempat yang datang dari  Indonesia. Kekaguman itu juga mucnul dari beberapa guru, penyelenggara sekolah bahkan pejabat pendidikan nasional Amerika maupun Australia yang berkunjung ke sekolah ini. Bayangkan, orang Amerika saja kagum terhadap sekolah ini, apa lagi saya yang datang dari Negara yang sangat jauh dari Amerika. Saya merasa, rasa lelah selama 28 jam perjalanan naik pesawat terbayar lunas dengan apa yang kami alami selama kami di A.B. Combs.

Beberapa catatan menarik selama perjalanan mengunjungi A.B. Combs, North Carolina dan South Dade Middle School, Miami, Florida, USA akan saya tulis lebih detil lagi menjadi beberapa topik berikut ini:

Beberapa Catatan Detil

Catatan tentang Kepala Sekolah

Catatan Tentang Guru

Catatan Tentang Murid

Catatan Tentang Trainer

Catatan Tentang Konselor

Catatan Display

Catatan tentang Kebiasan yang dibangun di sekolah

Catatan tentang penggunaan teknologi

Catatan tentang seting kelas

Catatan tentang 7 habits

Catatan tentang system penilaian dan rapot

Catatan tentang data notebooks

Catatan tentang portofolio murid

Catatan tentang mata pelajaran

Catatan tentang AHA time

Catatan tentang murid berkebutuhan khusus

Catatan tentang ruang belajar

(hari/05/2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: