PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Debat Kusir dengan Dua Bahasa

Posted by teachersnote on February 2, 2010

Ada hal menarik yang saya lihat saat anak-anak kelas 2 SD sedang makan siang di kantin. Ada dua orang anak yang ‘perang mulut’ saat membahas kehebatan game mereka masing-masing. Salah satu anak mengunggulkan hebatnya game yang ia mainkan dan memaparkan kelemahan game yang dimainkan lawan bicaranya. Di sisi yang lain, anak yang lainnya tidak kalah sengitnya memaparkan kehebatan game andalannya dan menunjukkan betapa game yang dimainkan temannya amat sangat membosankan. Debat kusir pun terjadi.

Saya memperhatikan ‘debat kusir’ ini dengan tersenyum bercampur heran plus bangga. Pasalnya kedua anak kelas 2 SD yang kira-kira berumur 7 tahun ini berdebat dengan menggunakan dua bahasa. Satu anak berbicara dengan Bahasa Inggris yang lancar, sedangkan satu anak lainnya menggunakan Bahasa Indonesia. Perdebatan dengan dua bahasa ini menjadi unik karena kedua orang itu berdebat tetap pada kontek yang sama, bahkan dengan kosa kata yang sama pula. Yang membedakan hanyalah yang satu berbahasa Inggris dan yang satunya lagi berbahasa Indonesia.

Saya kagum karena itu artinya mereka begitu cepat dapat menterjemahkan kata-kata lawan bicaranya ke dalam bahasa yang mereka kuasai. Yang lebih hebatnya lagi, si anak yang berbicara Bahasa Inggris tidak sekalipun menggunakan kosa kata Bahasa Indonesia. Demikian pula sebaliknya, si anak yang menggunakan Bahasa Indonesia tidak sekalipun saya dengar menggunakan kosa kata dalam Bahasa Inggris.

LUAR BIASA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: