PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Memilih Sekolah Ala Totto Chan

Posted by teachersnote on August 25, 2009

200x300totto-chanOleh: Rahmi

Setiap orangtua tentu mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam mencari dan memilih sekolah tempatnya menuntut ilmu.

Tak heran bila setiap ajaran baru, para orangtua sibuk mensurvei berbagai sekolah untuk mengetahui fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan guna menunjang pendidikan buah hatinya.

Tak jarang, dari sekolah-sekolah yang ada, orangtua masih belum juga menemukan sekolah yang ideal. Apakah karena halamannya yang terlalu sempit, lokasinya terlalu jauh dari rumah, atau ada sekolah yang bagus dan gurunya ramah, tapi belum buka pendaftaran baru….

Nah, diantara sekian banyak tips mencari sekolah yang tepat, buku Totto Chan-Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi layak menjadi panduan bagi para orangtua. Buku yang sangat inspiratif ini, memberi kekuatan serta bekal bagi para orangtua dalam menentukan pendidikan yang tepat untuk si kecil.

Beberapa pelajaran yang dapat dijadikan pijakan bagi orangtua dalam mencari sekolah, antara lain:

1. Meniru ibunda Totto Chan, carilah sekolah yang bisa membuat si kecil bahagia, yaitu sekolah yang hangat dan bersuasana kekeluargaan. Misalnya, para guru yang ramah dan selalu hangat menyapa anak-anak saat tiba di sekolah.

2. Pilihlah sekolah yang mengembangkan iklim di mana anak-anak adalah subyek. Artinya, si kecil adalah pelaku belajar, bukan obyek yang hanya menerima pelajaran semata.

3. Mengedepankan asyiknya belajar. Dalam bukunya, Totto Chan digambarkan belajar di sekolah yang kelas-kelasnya berasal dari gerbong kereta api yang dimodifikasi.

Jumlah muridnya pun hanya sedikit, dan yang lebih seru, mereka dapat memilih sendiri pelajaran yang akan diberikan! Sehingga anak-anak pun akan mengikutinya dengan antusias, mereka juga bisa mendalami pelajaran yang diminatinya dengan bantuan para guru.

4. Guru yang bijak, adalah yang mengajar dengan lemah lembut dan menghargai keunikan setiap anak. Seperti pada suatu hari, dompet Totto Chan jatuh ke lubang WC sehingga ia berusaha sekuat tenaga menguras isi WC untuk mendapatkan kembali dompetnya. Pak Guru yang melihat kelakuannya tidak marah, ia hanya meminta Totto Chan untuk membereskannya kembali bila telah selesai.

5. Sekolah yang menerima protes siswanya. Kobayashi, Kobayashi, kepala sekolah Tomoe Gakuen tempat Totto-Chan belajar, tidak mengajarkan murid-muridnya menguasai sesuatu, tetapi berproses dengan sesuatu itu.

Diceritakan bagaimana Pak Guru mengajarkan murid-muridnya tentang makanan bergizi, dengan meminta mereka membawa bekal “sesuatu dari laut” atau “sesuatu dari darat”.

Suatu kali, Totto tidak tahu apakah denbu yang dibawanya berasal dari darat atau laut. Maka, Pak Guru pun bercerita bahwa denbu berasal dari laut, karena dibuat dari ikan yang tulangnya dibuang, dibakar sebentar, dan dipotong-potong agar bentuknya bagus.

6. Sekolah yang bermutu, adalah yang membekali siswa-siswanya dengan nilai-nilai hidup. Sekolah tak hanya menitikberatkan pada prestasi akademik, tapi juga mengasah siswa menjadi pribadi yang ber-etika.

7. Memberikan kekuatan positif pada setiap muridnya, bukan hanya sekedar kritik. Totto Chan yang menurut pandangan orangtuanya bandel, tapi para gurunya selalu menekankan bahwa ia sebetulnya adalah anak yang baik.

8. Memiliki kegiatan non akademis yang menyenangkan dan membangun kepercayaan diri anak. Tomoe Gakuen, sekolah Totto Chan, punya beragam kegiatan di luar aktivitas belajar resmi. Misalnya berkemah, olah raga, memasak, jalan-jalan ke tempat bersejarah, dan lainnya.

Memang tak banyak sekolah yang memiliki pendidikan ideal layaknya Tomoe Gakuen, namun dari beberapa keterangan di atas, mungkin dapat menjadi referensi acuan para orangtua untuk mendapatkan sekolah yang tak hanya berfasilitas lengkap, tapi juga bermutu cara pengajarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: