PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Keputusan yang aneh

Posted by teachersnote on April 24, 2009

ujian-nasionalHari ini merupakan hari terakhir Ujian Akhir Nasional (UAN) di level SMA. Kalau melihat ekspresi para peserta ujian, mungkin hari ini bisa digambarkan sebagai puncak suasana stress yang dialami sejak dimulainya ujian hari Senin lalu. Sudah seminggu mereka stress!

Inilah wajah pendidikan Indonesia dimana ujian menciptakan tingkat stress yang sangat tinggi di kalangan peserta ujian. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan baru yang menyatakan bahwa standar kelulusan nasional tahun ini adalah 4.5. Tahun lalu standar kelulusan nasional  adalah 4.25.

Sebagai pendidik, saya heran juga dengan keputusan dinaikkannya standar kelulusan itu. Apakah ada rumus tertentu untuk mendapatkan formula 4.5 atau ada pertimbangan khusus kenapa dinaikan 0.25. Menurut saya poinya bukan pada angka yang bisa dinaikkan atau diturunkan. Tetapi terlebih pada apa yang sudah dibuat oleh Departemen Pendidikan Nasional untuk mempersiapkan peserta didik dapat menempuh ujian dengan standar kelulusan nasional 4.5?

Kalau pertimbangan menaikan standar kelulusan nasional  hanya sekedar untuk meningkatkan kualitas pendidikan saja,  saya rasa apa yang dilakukan oleh Diknas sangat kurang. Perubahan juga harus dilkukan pada banyak aspek mulai dari peningkatan SDM pengajarnya, fasiltas yang memadai untuk peserta didik ataupun pendidik, soal yang lebih berkualitas, dan sistem ujian yang tidak memudahkan peserta ujian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: