PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Apa urgensinya mengajarkan komputer untuk anak bawah lima tahun?

Posted by teachersnote on April 14, 2009

dsc_3292_resize

Pertanyaan seperti ini kerap kali saya dapatkan ketika bertemu dengan banyak orang tua murid yang akan menyekolahkan anaknya di PSKD Mandiri. Mereka bertanya apa ugensinya mengajarkan komputer untuk anak umur di bawah 5 tahun. Toh ketika anak-anak ini dewasa nantinya, sudah akan banyak program baru yang muncul, yang mungkin lebih canggih dibandingkan dengan program yang sekarang digunakan.

Bagi saya mengajarkan komputer sejak dini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak balita tersebut. Saya melihat komputer sebagai stimulan bagi otak anak-anak itu untukĀ  lebih mengenal banyak hal. Perlu diingat bahwa otak anak pada usia itu sangat peka menerima masukan. Sehingga dengan pemberian aneka stimulan diharapkan anak akan banyak belajar.

Sedangkan program komputer yang digunakanpun tidak harus berupa program aplikasi seperti Microsoft Office. Kita bisa menggunakan berbagai program yang lebih dikenal dengan program Edugame, yaitu program yang mengenalkan sebuah pembelajaran yang dibungkus dengan bentuk permainan. Misalnya Math Discovery, yaitu program yang mengajarkan anak pada pengenalan angka, operasi bilangan dari tingkat yang paling sederhana sampai pada tingkat yang sulit. Selain operasi hitung, program ini juga mengenalkan anak pada bentuk sebuah objek, warna, suara, dan kosakata. Sejauh ini saya lebih banyak menggunakan program yang berbahasa Inggris dibandingkan dengan program-program yang menggunakan Bahasa Indonesia karena dengan cara ini anak-anak akan lebih cepat belajar Bahasa Inggris yang terintegrasi dalam pelajaran komputer.

Selain itu, ada juga program Language Discovery yang lebih memfokuskan anak pada pembelajaran bahasa Inggris. Di sini anak akan belajar kosa kata baru, cara pengucapannya, menggunakan intonasi dengan benar, berkenalan dengan warna dan lain-lain. Kalau kita rajin mencari, kita akan banyak sekali menemukan program yang interaktif untuk anak-anak usia di bawa 5 tahun. Program-program itu bisa dipakai untuk pelajaran matematika, ilmu pengetahuan alam, bahasa, komputer dan lain-lain. Sekarang tinggal bagaimana cara kita agar dapat memilih program yang sesuai dengan kebutuhan anak mengingat banyak sekali program yang beredar dan nampaknya semua cocok bagi anak-anak kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: