PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Outing: Guru dan Staff PSKD Mandiri

Posted by teachersnote on April 7, 2009

Setelah sekian lama dinanti, akhirnya keluarga besar PSKD Mandiri yaitu seluruh guru dan staffnya yang berjumlah 98 orang melaksanakan outbond di Santa Monica Resort, Cikretek, Jawa Barat.  Kami semua berangkat dengan 2 bis besar tepat pada pukul 7 pagi. Setelah kira menempuh perjalanan kira-kira satu setengah jam, pada pukul 8.30 kami mencapai tempat ditujut. Sebuah tempat yang dikelilingi hutan pinus, berudaeara sejuk, jauh dari polusi. Sesampainyanya di sana, kopi panas, teh hangat dan makanan kecil sudah menunggu kami.

Acara diawali dengan kata sambutan dan perkenalan dari panitia penyelenggara. Kemudian diadakan pembagian kelompok. Nah, di sinilah acara mulai ramai. Semua kelihatan mulai kliatan ‘aslinya’, rame banget, meski masih ada yang malu-malu.  Suasana menjadi cair karena memang pembawaan yang bagus dari para trainer yang dikomandoi Pak Fajar. Pembagian kekompok terdiri dari 8 kelompok yang mengambil nama-nama binatang, seperti tikus got, harimau tengil, ayam kampung, ular kobra, dan lain-lain.

dsc_4939

Suasana pembagian kelompok.

Setelah pembagian kelompok, ‘peperangan’ dimulai. Semua peserta tampak sangat antusias dalam semua permainan ketangkasan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Di sinilah para peserta diuji kekompakkannya. Apakah mereka dapat bekerja sama dalam memecahkan setiap masalah yang diberikan. Semangat yang tinggi dan kekompakkan tim menjadi kunci dalam memecahkan setiap masalah.

dsc_5122Konsentrasi tinggi suapaya bola tidak jatuh.

Tepat pukul 12 siang, semua peserta istirahat makan siang. Acara istirahat diselingi dengan acara foto bersama. Semua nampak ingin diabadikan dalam acara ini:).

Pada sesi ketiga, permainan lebih menantang. Semua permainan membutuhkan kebranian setiap individu dan dukungan dari kelompoknya.  Permainan berikut merupakan permaingan ‘high rope’, yang berupa flying fox dan pukul bola di udara. Kebranian para peserta sangat diuji di sini. Dan ternyata… banyak juga yang takut dengan permainan ini! Muka-muka pucat, muka takut dan  muka ceria semua ada di sini.  Meski begitu, kegiatan berjalan lancar.

dsc_5314Ibu Olla meloncat dan memukul bola.

Pada sesi terakhir, keluarga besar PSKD Mandiri diuji untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Permainan ini sangat membutuhkan kekompakan tim. Semua peserta diminta untuk memindahkan api dari satu titik menuju titik yang berada di tengah kolam. Yang membuat seru adalah, selama perjalanan memindahkan api itu, akan ada ‘serangan’ air dari para trainer. Semua peserta harus dapat menemukan cara agar api dapat terlindungi dari ‘serangan’ para ‘penjahat’ tersebut. Setelah mencoba berulang-ulang karena api selalu mati kena air, akhirnya para peserta itu dapat menyelamatkan api yang harus dibawa, meskipun mereka semua basah kuyub.

dsc_5392Bersama-sama bertahan dari serangan air

Di puncak acara, semua tim harus memikirkan bagaimana menyalakan api di tengah kolam tanpa harus menyentuh airnya. Akhirnya dengan diskusi dan koordinasi yang baik, tim dapat menyalakan api yang berada di tengah kolam. Selamat untuk Keluarga Besar PSKD Mandiri.

dsc_5437Bekerja bersama untuk menyalakan api di tengah kolam tanpa menyentuh air.

Tepat pukul 17.30 acara selesai dan keluarga besar PSKD Mandiri kembali ke Menteng dengan wajah-wajah lelah:)

Terima kasih untuk para trainer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: