PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Training Guru untuk IAYP Program

Posted by teachersnote on March 5, 2009

p1010dsc00664093

Dari kiri ke kanan: Mr Taher, Ibu Rita dan Moderator

Lima guru PSKD Mandiri, Silvia, Ola, Budi, Tio dan Hari mengikuti pelatihan sehari untuk International Award for Young People (IAYP) yang di diadakan di SMA Plus Pembangunan Jaya, Bintaro, Tangerang. Materi pelatihan diberikan oleh Mr. Mohammed Taher bin Ali dari National Youth Achievement Award Singapura. Pada sesi pertama, beliau menceritakan pengalamannya ketika pertama kali membimbing murid-muridnya untuk meraih medali emas, perak dan perunggu pada program IAYP. Sebuah program non akademik yang membantu siapa saja yang berumur antara 14-25 tahun dalam meraih prestasi ditingkat internasional.

Yang menarik dari pengalaman Mr. Taher adalah bahwa program IAYP ini didukung langsung oleh Perdana Mentri  Singapura. Hal ini tentu saja memberikan dukungan secara psikologis bagi anak-anak muda itu dalam meraih prestasi non akademik. Tidak saja bagi mereka yang berada di sekolah, program ini juga berlaku bagi anak-anak yang tidak bersekolah. Program yang nanti pada puncaknya adalah pemberian medali oleh Presiden Singapura sendiri.

dsc00664Apa yang diceritakan oleh Mr. Taher adalah untuk mengguggah para peserta pelatihan untuk merelakan dirinya menjadi relawan yang membantu anak-anak usia 14-25 thn dalam meraih prestasi internasional. Menjadi relawan berarti juga ikut bertanggung jawab terhadap proses yang berlangsung mulai dari perekrutan, pendampingan selama di lapangan sampai mengantarkan si anak sampai meraih medali tertinggi. Dari awal Mr. Taher menjelaskan bahwa program ini tidak memberikan keuntungan secara materi kepada pendampingnya. Dibutuhkan keikhlasan dalam pelaksanaannya. Dan dengan keikhlasan itu, Mr. Taher dapat mengantarkan ribuan anak muda meraih penghargaan yang cukup bergengsi di negaranya, Singapura.

Setelah istirahat makan siang, para peserta pelatihan diajak berkeliling tuan rumah, SMA Plus Pembangunan Jaya, untuk melihat Science Center di sekolah tersebut. Sebuah pusat pelatihan yang merupakan karya siswa-siswi Pembangunan Jaya. Science Center ini terbuka untuk umum.

Pada bagian kedua pelatihan hari ini, Mr. Taher menjelaskan sistem perekrutan siswa dan trik-trik agar anak mau bergabung pada program ini. Diantaranya adalah dengan membuat time line program, pengkategorian peserta untuk medali emas, perak dan perunggu, membuat desain proyek yang akan dibuat, membangun jaringan, menyiapakan panitia kecil dan mempersiapkan pendanaan.

Pada sesi ini, Ibu Rita sebagai salah satu penggagas program IAYP di Indonesia ikut plula menceritakan p1010090pengalamannya menhantarkan anak-anak dari desa terpencil meraih penghargaan internasional. Beliau menceritakan ada sorang anak yang kurang mampu di daerah Ogan Komering, Sumatera Selatan dapat meraih medali emas. “Bayangkan, seorang anak dari desa yang sangat terpencil dapat meraih peringkat tertinggi. Penghargaan yang diterima dengan penuh suka cita dan rasa haru yang mendalam. Sesuatu yang awalnya dikira tak mampu, ternyata pada akhirnya menunjukkan sesuatu yang sangat menakjubkan,” katanya. Selain itu Ibu Rita juga mengajak para peserta untuk sedikit ‘mengintip’ apa yang telah dilakukan oleh BPK Penabur dan Universitas Islam Negri dalam menerapkan program ini di tempat mereka.

Pelatihan berakhir pukul 3 setelah sekitar 7 jam para peserta menyimak materi yang diberikan oleh pembicara. (hr-05/09)

One Response to “Training Guru untuk IAYP Program”

  1. S.E.E said

    Setiap langkah kita sebagai “Pendidik” tidak terlepas dari keiklasan kita mendidik semua anak dari semua komponen masyarakat tanpa pandang bulu. Kepuasan yang tidak terhingga apabila kita “Pendidik” menghasilkan anak-anak bangsa yang tangguh untuk masa depan bangsa. BRAVO IAYP Program. (S.E.E)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: