PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Sunatan Betawi

Posted by teachersnote on March 4, 2009

Sunatan Betawi

Pada assembly hari Senin, 2 Maret 2009, melalui pelajaran Jakarta Culture kelas 11 dan 12 menampilkan drama singkat tentang Sunatan cara Betawi. Sebelumnya, murid – murid diminta untuk melakukan riset tentang beberapa upacara khas Betawi seperti Nujuh Bulanan, Kelahiran, Pindah Rumah dan Sunatan. Setelah setiap kelompok mempresentasikan hasil risetnya, diperoleh keputusan bahwa kelas 11 dan 12 akan menampilkan upacara Sunatan.

Sunatan Betawi diawali oleh rembukan antara orang tua dan anaknya. Setelah disepakati waktunya, orang tua dibantu oleh sesepuh mencari Bengkong atau dukun sunat. Menjelang hari-H, keluarga mengundang sesepuh dan pemuka agama dengan cara Jotan, yaitu dengan membagikan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Setelah itu, orang yang telah diundang berkewajiban untuk melanjutkan undangan itu kepada tetangga dan kerabat lainnya.

Persiapan pementasan drama ini dilakukan dengan cukup singkat, karena dalam 1 minggu kelas 12 mengurangi 1 jam pelajaran untuk digantikan oleh mata pelajaran yang akan diujikan dalam UAN. Dengan dibantu oleh cleaners dan menggunakan kuda lumping hasil karya mereka tahun lalu, terciptalah sebuah tandu yang akan digunakan untuk mengarak anak sunat. Sementara kostum lainnya disiapkan oleh masing – masing.

Drama ini disutradarai oleh Jenny, naskah aslinya ditulis oleh Ray, yang kemudian dikembangkan dengan baik melalui improvisasi masing – masing pemeran. Dengan sentuhan humor di sana – sini, kelas 11 dan 12 mampu meyuguhkan sebuah hiburan berciri khas daerah Betawi yang komunikatif dan informatif. (arh – 0309)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: