PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Pernahkah Membuka Tas Sekolah Anak Anda?

Posted by teachersnote on March 4, 2009

2003063000610101Beberapa hari yang lalu saya berpapasan dengan murid saya kelas 5 SD di koridor sekolah. Di punggunggnya tergantung tas ransel yang cukup besar,  sedangkan di tangan kanannya dia menjinjing tas plastik yang berisi pekerjaan sekolahnya.  Saya bertanya kepadanya mengapa tas plastik itu tidak dimasukan saja ke dalam tasnya. Kemudian dia mengatakan kalau tasnya sudah tidak muat lagi diisi pekerjaannya. Saya setengah tidak percaya ketika dia mengatakan ” sudah tidak muat lagi” mengingat saya melihat tasnya berukuran cukup besar.

Kemudian saya bantu dia memasukan barang-barangnya ke tasnya agar lebih mudah membawanya. Ketika saya buka tasnya….. ASTAGA!!!  Berat tas itu kira-kira 10 kg atau mungkin lebih. Isinya  adalah semua buku pelajarannya dari hari Senin sampai Jumat. Ada juga baju olah raga yang masih terlipat rapih tetapi ada juga baju olah raga yang sudah pernah terpakai. Selain itu saya melihat juga sampah kertas atau mungkin lembar kerjanya sudah tak berbentuk lagi karena sudah kusut, tidak terlipat dan kotor. Ada juga sebungkus roti yang sudah basi.  Tak ketinggalan adalah tempat makan siangnya dimasukan ke dalam tas itu.

Bisa anda bayangkan, anak sekecil itu (kira-kira berumur 10 thn) setiah hari harus membawa barang sekian banyak. Setelah saya perhatikan, banyak anak juga membawa tas yang cukup besar ke sekolah. Saya tidak tahu apa isi tas mereka, tetapi kalau sekilas melihat nampaknya tas mereka bukan tas yang berisi barang ringan. Mereka rata-rata membawa tas yang cukup besar, meski tidak semuanya berisi penuh.

Nampaknya orang tua harus memikirkan ukuran tas yang sesuai untuk anaknya agar anak tidak membawa barang berlebihan. Atau dapat juga ikut bersama-sama anak ketika menyiapkan isi tas sekolahnya ketika akan berangkat ke sekolah (terutama untuk anak-anak SD atau di bawahnya). Peran yang demikian diharapkan akan membantu anak dalam mengendalikan isi tasnya agar tak berlebihan. Selain itu dengan membatasi isi tas, si anak juga akan terbantu dalam proses pertumbuhannya, khususnya pertumbuhan tulang belakang (hr/09).

Leave a Reply

 
