PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Kampanye Cegah Kanker Serviks

Posted by teachersnote on February 23, 2009

Pada hari Senin, 16 Februari 2009, seluruh siswi SMP/SMA PSKD Mandiri beserta para guru dan staff administrasi wanita mengikuti seminar singkat tentang Kanker Serviks. Ternyata kematian tertinggi wanita Indonesia disebabkan oleh kanker serviks. Padahal selama ini pengetahuan tentang penyakit ini sangatlah minim.

Dijelaskan pula, kanker serviks disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus) yang juga dapat menyebabkan penyakit lainnya. Virus ini terdiri dari berbagai jenis, namun yang dapat dikenali baru 4 tipe. Seramnya, kanker serviks memang bisa didapat dari hubungan seks atau juga pasangan yang berganti – ganti, tapi bukan tidak mungkin juga karena gaya hidup yang lain, misalnya kurang menyadari kebersihan di toilet umum dan lain – lain.

Virus ini juga memiliki masa inkubasi antar 15 – 20 tahun, dan selama itu pula wanita yang terjangkit virus ini tidak akan merasakan sesuatu yang aneh. Karena itu bagi wanita yang sudah menikah disarankan rutin melakukan pap smear dan juga telah tersedia vaksin untuk mencegah kanker serviks ini.

Marilah mulai sadar dengan kesehatan kita sendiri (arh/09).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: