PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Info Seminar PTK: 14 Maret 2009

Posted by teachersnote on February 16, 2009

Dewasa ini para guru dituntut untuk mampu meneliti. Dengan adanya sertifikasi guru, tuntutan agar guru mampu meneliti semakin gencar dilakukan oleh pemerintah. Hal ini dibuktikan dari laporan portofolio guru yang mensyaratkan melampirkan karya tulisnya dalam sertifikasi guru dalam jabatan, Karena hal itulah maka guru-guru di sekolah harus dapat meneliti di kelasnya sendiri dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

PTK sesungguhnya merupakan implementasi dari kreativitas dan kekritisan seorang guru terhadap apa yang sehari-hari diamati dan dialaminya sehubungan dengan profesinya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Namun, sangat disayangkan masih banyak guru-guru di Indonesia yang belum mengenal dan belum melakukan PTK sama sekali di kelasnya. Sehingga tujuan dari seminar ini adalah mengajak atau memotivasi guru yang masih enggan mengadakan penelitian karena berbagai alasan. Alasan yang sebenarnya berasal dari guru itu sendiri.

Seminar ini mengajak guru untuk melangkah kepada berbagai catatan yang setelah diolah dapat mewujudkan suatu penelitian. Melaksanakan penelitian tentang apa yang sehari-hari dilakukan oleh seorang guru yang akhirnya dapat menghasilkan suatu karya yang disebut PTK.  Ini terjadi apabila suatu urutan umum prosedur, yaitu bermula dari identifikasi masalah penelitian yang dihadapi sampai dengan laporan hasil akhirnya dicatat. Jadi amat penting suatu prosedur ini dipahami dan ditaati oleh guru yang meneliti..

Penelitian di bidang pendidikan memang memerlukan sejumlah instrumen (toolbox) yang terdiri dari berbagai pendekatan untuk mengkaji berbagai isyu pendidikan dalam masyarakat kita. Tidak cukup pendidikan formal membatasi diri pada eksperimen atau penelitian yang hanya berkenaan dengan kurikulum ataupun masalah-masalah yang terungkap dalam buku pelajaran. Seharusnya praktek pendidikan lebih menerobos kepada kehidupan nyata, mengajak peserta didik untuk tidak saja berfikir pada kala ia belajar, tetapi lebih banyak belajar untuk berfikir lebih dalam tentang berbagai masalah dalam kehidupan ataupun lingkungan sekitar. Dengan berbagai cara yang telah dipaparkan, berbagai masalah itu akan membuka fikiran kita dalam menemukan berbagai solusi untuk pengatasan kesenjangan berbagai masalah pembelajaran.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kami mahasiswa pascasarjana UNJ program studi Teknologi Pendidikan mengadakan suatu kegiatan Seminar Nasional Peningkatan Mutu Guru yang mengajak para guru untuk aktif meneliti dan menuliskan laporan penelitiannya.

I. TUJUAN

1. Memotivasi para guru untuk mampu melakukan PTK

2. Memberikan pemahaman pada guru akan kebermanfaatan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

3. Melatih para guru agar dapat membuat sendiri proposal PTK

4. Berbagi pengalaman dalam Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional

5. Meluncurkan buku mengenal PTK hasil karya guru yang telah mengikuti lomba karya tulis di tingkat nasional.

II. TEMA

Menjadi Guru Profesional Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

III. SASARAN

Setelah Mengikuti Seminar ini diharapkan para guru memperoleh wawasan tambahan tentang Penelitian Tindakan Kelas sekaligus Peluncuran buku mengenal PTK dan Praktek Membuat Proposal PTK. Jumlah peserta yang diharapkan hadir sekitar 200 orang.

IV. PESERTA

1. Guru TK, SD, SMP, SMA, DAN SMK

2. Mahasiswa

3. Pengamat pendidikan

4. Undangan

V. WAKTU DAN TEMPAT

Waktu : Sabtu, 14 Maret 2009

Pukul : 08.00 s.d. 15.30

Tempat : Aula Pascasarjana UNJ

VI. SUSUNAN ACARA

Terlampir

VII. PEMASUKAN ANGGARAN DANA DIDAPAT DARI:

1. Peserta

2. Sponsor

3. Donatur

IX. PENUTUP

Demikianlah proposal seminar ini kami buat agar dapat diketahui dan dipelajari sebagai gambaran kegiatan yang akan kami laksanakan. Semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Amiin

Contact Person :

1. Wijaya Kusumah, Hp. 0815 915 5515 email : wijayalabs@yahoo.com

2. Santi Maudiarti, Hp. 08158818045 email : s_dyka@yahoo.com

3. M. Suja’I Anhar, Hp. 0813 8455 8850 email : sujai_an@yahoo.com

4. Iwan Hendrawan, Hp. 0815 9124 987 email: iwanhendrawan@yahoo.com

5. Dedi Dwitagama, HP. 0812 85 34836 email: dwitagama@yahoo.com

(http://dedidwitagama.wordpress.com/2009/02/14/kabari-seminar-nasional-penelitian-tindakan-kelas-14-maret-2009/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: