PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Pusing dengan ujian akhir

Posted by teachersnote on November 21, 2008

dsc00384 Salah seorang siswa kelas 10 menulis statusnya di Facebook yangmenunjukkan kalau dia merasa pusing karena jumlah ujian akhirnya ada 18 mata pelajaran. Kemudian juga dikomentari oleh teman-temannya yang lain yang mengiyakan bahwa jumlah tes yang terlalu banyak sangat memusingkan.

Sekali lagi sangat jelas ditunjukkan bahwa kebijakan kurikulum yang terbaru dari pemerintah Indonesia tidak menunjukkan keberpihakan pada siswa maupun guru. Usulan-usulan yang dahulu sering muncul untuk mengurangi jumlah mata pelajaran di kelas malah yang terjadi sebaliknya. Jumlah mata pelajaran yang banyak tentunya membuat murid juga kesulitan memahaminya sampai mendalam. Pemahamannya hanya sebatas kulit luar.

Kenyataan di kelas guru juga dipusingkan dengan bagaimana cara mengajarkan sekian banyak materi ke pada para murid dalam waktu yang singkat. Program pengajaran diotak atik sampai sebisa mungkin tidak memberatkan murid tetapi juga dapat memenuhi standar Diknas dalam penyelesaian materi.

Suasanya jadi serba salah, satu sisi murid akan diberatkan dengan jumlah mata pelajaran yang banyak, di sisi lain guru juga dipusingkan dengan bagaimana supaya pengajarannya memenuhi standar pemerintah. Semoga ada perbaikan pada pendidikan nasional di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: