PSKD MANDIRI TEACHERS’ NOTE

Education for the future

Jam Masuk Anak Sekolah Dimajukan Tak Selesaikan Kemacetan

Posted by teachersnote on November 21, 2008

Chazizah Gusnita – detikNews

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengubah jam masuk anak sekolah dari 07.00 menjadi 06.30 WIB untuk mengurangi kemacetan pada Januari 2009. Kebijakan ini dinilai tak bisa menyelesaikan kemacetan Ibukota.

“Menurut saya kalau perbedaan waktu setengah jam (masuk anak sekolah dan pekerja), nggak efektif,” kata peneliti dari Masyarakat Transportasi Indonesia, Milatia Mukmin, kepada detikcom, Jumat (21/11/2008).

Menurut Mila, para pekerja di DKI Jakarta, rata-rata tinggal di Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Pamulang. Pekerja yang rumahnya di luar Jakarta harus berangkat kerja 1-2 jam sebelum masuk. Jadi semua pekerja tetap akan menumpuk di jalan pada jam tertentu.

“Perjalanan kita jauh-jauh. Kalau perbedaannya antara 2-3 jam mungkin bisa mengurangi. Yang masuk pukul 07.00 sudah masuk kantor. Lalu yang masuk pukul 09.00 baru berangkat pukul 07.00 WIB. Jadi jalanan sudah sepi baru mereka berangkat,” jelasnya.

Kebijakan ini juga tidak efektif bila dilihat dari psikologi anak. Bukan perkara mudah anak bangun lebih pagi dari biasanya.

“Kita harusnya belajar dari negara lain. Anak sekolah justru start pukul 09.00 WIB. Yang kecil-kecil ini masuk pukul 07.00 WIB saja sudah reseh, apalagi lebih pagi,” imbuhnya.(gus/nrl)

7 Responses to “Jam Masuk Anak Sekolah Dimajukan Tak Selesaikan Kemacetan”

  1. Anne said

    wah, kalo muridnya masuk jam 7, gurunya masuk berapa ya? Bisa2 saingan ntar yang ngisi slip kuningšŸ˜€

  2. teachersnote said

    rencana pemerintah daerah DKI murid diminta masuk jam 6.30…. bakal bisa lebih banyak lagi yg isi slip kuning dong.

  3. Any said

    aduh jagn dong….La masuk jam 7 aja aku berangkat jam 5an. kalo masuk jam 6…….jam 4an dong brangkat kerjanya!!!!!!!!!!!!!!

  4. Budi said

    kalo msk jam 6.30, gw jalam jam brp ya????

  5. Anne said

    yak ampun. gw pikir tadi jadi masuk jam 7, secara anak2. sekarang masuk jam stengah 8.

    kalo masuk jam 6 brartii…lu tidur di skolah aja, ni! hyahahahha..

  6. teachersnote said

    berarti harus dipikirkan oleh pemprov DKI buat bangun mess guru di PSKD Mandiri….:)

  7. Lovie said

    sebagai seorang commuter yang berangkat jam 5 pagi dengan kereta ekonomi AC, setiap hari melihat anak-anak usia 5 tahun di gendong ayahnya atau ibunya berebutan naik kereta demi tidak kesiangan dan terlambat. di kereta anak2 itu kembali terlelap tidur. suatu ketika iseng bertanya pada seorang ibu yang memangku anaknya yang tertidur.
    ” masuk jam berapa bu anaknya?”
    “TKnya masuk jam 8”
    suatu pertanyaan retorika kalau ditanya kenapa berangkat jam segini: takut terlambat…pasti begitu jawabnya.
    pendidikan seharusnya membangun jiwa yang manusiwi, kalau generasi kedepan diwakili anak ini, bagaimana mereka akan berjiwa manusiawi wong mereka sendiri tidak dimanusiawikan kok!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: